Selasa, 14 Agustus 2012

SCOUTS DAY'S

SALAM PRAMUKA!!!

Berhubung hari ini hari pramuka jadi mari qta bahas sedikit mengenainya. 

Scouts di Indonesia dikenal dengan istilah Praja Muda Karana atau biasa di sebut PRAMUKA ini awalnya dikembangkan oleh Lord Baden Powell sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan dengan berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907. Pengalamannya itu ditulis dalam buku yang berjudul “Scouting for Boy”. Melalui buku “Scouting for Boy” itulah kepanduan berkembang termasuk di Indonesia pada kurun waktu tahun 1950-1960.

Gearakan Pramuka keberadaannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961, namun secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

Lambang gerakan Pramuka di Indonesia adalah Gambar silhouette TUNAS KELAPA. Lambang ini diciptakan oleh Sumardjo Atmodipuro (almarhum), seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai Pegawai Tinggi Departeman Pertanian. 

Uraian arti Lambang Gerakan Pramuka: 
  1. Buah kelapa/nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL”, dan istilah “cikal bakal” di Indonesia berarti: penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru.
    Jadi buah kelapa/nyiur yang tumbuh itu mengandung kiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.
  2. Buah kelapa/nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga.
    Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah seorang yang rokhaniah dan jasmaniah sehat, kuat, ulet, serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.
  3. Kelapa/nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya.
    Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaiaman juga.
  4. Kelapa/nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohan yang tertinggi di Indonesia.
    Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
  5. Akar Kelapa/nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.
    Jadi lambang itu mengkiaskan, tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
  6. Kelapa/nyiur adalah pohon yang serba guna, dari ujung atas hingga akarnya.
    Jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaanya kepada kepentingan Tanah air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.
Selain lambang, Pramuka juga memiliki Kode Etik atau Kode Kehormatan bagi anggotanya yang disesuaikan dengan usia, yaitu:
  • Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma
    Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma
  • Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma
  • Kode Kehormatan Pramuka anggota dewasa terdiri atas Trisatya anggota dewasa dan Dasadarma.


    :: Kode Kehormatan Pramuka ::

     
    DWI SATYA
    Aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
    menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut undang-undang.
    Setiap hari berbuat kebaikan.

    DWI DARMA
    Siaga itu menurut ayah dan ibundanya.
    Siaga itu berani dan tidak putus asa.

    TRI SATYA
    (Untuk Pramuka Penggalang)
    Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
    menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negeri Kesatuan Republik Indonesia, dan menjalankan Pancasila.
    menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri untuk membangun masyarakat.
    menepati Dasadarma

    TRI SATYA
    (Untuk Pramuka Lainnya)
    Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
    menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negeri Kesatuan Republik Indonesia, dan menjalankan Pancasila.
    menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.
    menepati Dasadarma

    DASADARMA PRAMUKA
    1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
    3. Patriot yang sopan dan kesatria
    4. Patuh dan suka bermusyawarah
    5. Rela menolong dan tabah
    6. Rajin, terampil dan gembira
    7. Hemat, cermat dan bersahaja
    8. Disiplin, berani dan setia
    9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
    10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
 

Menjadi seorang pramuka tidak hanya menghafal semaphore atau morse, dalam berkemah kita diajarkan cara untuk hidup mandiri, teratur dan kreatif. Tidak hanya ketrampilan dan kecakapan, tapi juga kerjasama antar teman. Sebenarnya jika kita mengkaji dan menerapkan pramuka dalam kehidupan, banyak manfaat yang dapat kita rasakan. Hanya saja, kebanyakan dari kita yang sudah terbiasa dengan 'kenyamanan' pasti tidak akan mau repot mempelajari, bahkan cenderung memandang pramuka dengan sebelah mata.

Kisah pribadi, banyak teman saya yang mengatakan 'buat apa ikut pramuka, bisa enak-enak di rumah kenapa harus repot-repot berkemah segala'. Kebanyakan menertawakan seorang pramuka, sehingga sedikit yang dengan senang hati mau bergabung menjadi anggota. Anak-anak muda jaman sekarang lebih memilih untuk membuat band, bermain futsal dan hal-hal lainnya yang terlihat 'keren'. Tapi, apa benar menjadi seorang pramuka itu akan menurunkan 'prestise' kita?.

Jawaban saya adalah: SAYA BANGGA MENJADI SEORANG PRAMUKA.

DIRGAHAYU 51 TAHUN PRAMUKA INDONESIA

"IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWA LAKSANA"


Tidak ada komentar:

Harry Potter Magical Wand